28.7.15

Ah, now let the time tunnel works again!

Lama bangeeeet ga ngecek blog sampe berdebu, mengerak, dan ditaburi sampah gini.....
"Aku wes luwama gak ngeblog" kata temen ditengah-tengah nyolong wifi kantor.
"Lhoalah, aku malah males ngecek blogku. Sampah tok she isine"

Sering gak sih emosi mbuncah2 (sedih/seneng banget) yang rasanya gemez banget pengen ditulis, dishare, trus puas bgt pas dibaca ulang. Trus sebulan dua bulan kemudian, pas dibaca lagi...kok feeling guilty? Nggilani, alay, sok puitis, rasane pengen tak hapus kabeh T_T

Tapi tak liat-liat lagi, jangan wes. Eman. Blog ini ternyata udah ditulis dari 2009, dari lagi cupu-cupunya lulusan smp, yang (aduh) strata alay nya paling hina :") Trus 2010, jamannya World Cup South Africa, naksir-naksirnya sama Mesut Oezil, ngikuti semua acara bola, dari berita bola sampe pertandingan bola dini hari. Demi tampang mas-mas turunan Turki yang kesorot kamera beberapa belas menit sekali. Nggilani banget sheeee :") Trus mulai masuk lagi ke taun2 galau-galauan SMA, yang mau nginget-nginget lagi pun geli-geli merinding disko. Trus ke taun2 kuliah, tentang post-post an butuh pengakuan. Pft.

Blog ini udah menemani saya dari awal umur belasan. Jaman-jaman dimana hal-hal kecil bisa bikin nangis njeger, ngakak sampe ngorok-ngorok, tidur enggak nyenyak.

"An age where you feel like you could love anyone, where you put everything on the line for the smallest of things. Eighteen. Adults say that it's an age where we laugh if a leaf tumbles by. But back then, we were more serious than any adult, more intense, and had our strength tested." - one of my must-seen-drama series stack, Reply 1997

Sudah tua juga ya kamu, Bul :'3

Btw tadi baru buka facebook. Sebenernya facebook masuk ke daftar pribadi sosmed paling malesin. Baru sadar bvanyak orang2 ga dikenal yang tiba2 sudah nongol di timeline, update foto2 selfie kebanyakan filter, aduh.....
Nah, ditengah2 scrolling timeline, muncul satu foto uploadan teman facebook yang linked to her Instagram account. Oh, ini mbak senior favorit saya jaman SMA dulu! Mbak cantik ini beda 2 taun, dan jadi mbak-mbak osis yang ngeMOSin saya. Btw, jaman saya dulu, MOS SMA masih berlaku hukum rimba. Dimana dalam 3 hari MOS + 1 hari pre-MOS selalu ada sesi roadshow senior OSIS  pake kalung kepanitiaan warna merah, yang masuk ke kelas-kelas, teriak2 mesoh2 gak jelas, banting2 pintu, bahkan bawa kayu panjang buat pukul2 papan tulis. Nah pas itu kebetulan saya kepilih jadi tim padus yang bakal tampil di semacam reunion party sekolah di malam terakhir MOS. Jadi tim padus ini dilatih di ruangan sendiri, ngga ikut kegiatan MOS selama 2-3 jam. Nah, pas siang-siang, panas-panasnya udara, roadshow senior silaturahmi ke kelas anak padus. Panas-dingin gemeteran lah kami. Dites suruh nyanyi sesuai pembagian suara masing2, lha baru belajar di hari pertama, jelas lum apal kak. Mulai wes, setannya dateng, mereka bengak bengok ngamuk2. Aku yang kebetulan duduk paling depan, paling ciliq sisan, didatengi Mbak Cantik. Badannya kecil, mukanya imut2 cakep & sedep diliat. Eh lha kok....

"He, yaopo seh @#$%^&*()(*&^" *tiba2 gas pol*
"Barusan belajar mbak. Besok pasti udah apal kok" *tampang ngeyel*
"LHO bener yo!!! Kalo besok temen2mu gak apal, kamu mau apa? Push up?!"
"Iya mbak..." *tampang gak ero wedi, asline wes geter2*
"Oke 100 x ya! HE IKI LO REK, ONOK SENG MENE KAPE PUSH UP 100 x!!!" *lha, nyeluk koloni ne*
Trus dirubung serombong senior dg tampang2 ga nyante, dan yg paling mangkelno mereka keringetan netes2 & bau TT

Abis itu, si Mbak Cantik tiap liat saya pasti ngingetin janji pramuka push up 100x....

It's been 6 years, dan facebook mempertemukan saya sama Mbak Cantik lagi. Wow, sudah 6 tahun ternyata sejak saya harus dateng ke sekolah baru pake seragam putih biru, gotong2 batu bata & kayu bakar + atribut konyol. Sudah 6 tahun sejak dikerubungi senior2 bau & kemringet. Dan kemudian, setelah masa orientasi yang melegenda (sampe masuk koran & tivi dimana-mana), saya berkenalan dengan koridor kelas X bentuk Leter U yang mitosnya pernah ada yang gantung diri di gudang sana, bener gak-nya gak tau, yang jelas mitos ini sudah cukup bikin gudang jadi salah satu steril area buat kami. Setelah itu mulai kenalan dengan puber-pubernya anak sok gede. Setelah itu mulai merancang masa depan meskipun rasanya masa depan masih berupa kepulan asap, nggak tergambar jelas dan acak. Setelah itu...tiba-tiba saya udah umur segini aja.

Mbak Cantik sudah lulus dari FKM Unair tahun lalu, dan tahun depan giliran saya Insya Allah diwisuda. Wow....

Lain cerita, baru-baru ini saya diinvite grup line. Bulan Ramadhan memang seringkali merangkai jalinan silaturahmi yg bertahun2 terputus. Rencana bukber SMA, bukber kelas X, bukber SMP, bukber SD.....you can count your bukber events from how many schools you have passed by :')
Dan grup line ini mempersatukan alumni SD saya. Wowowowow. Then i'm scrolling down the group members. Saya menemukan teman sekelas saya di kelas V yang tiap disuruh maju ke depan untuk praktek puisi/pidato/apapun pasti kelopak matanya ga bisa anteng, kedip-kedip tremor. Saya menemukan teman sekelas saya di kelas I-IV yang guendut, suka godain cewek, dan sering dipanggil "Tambak" gara-gara bau badannya amis kayak ikan (see, how cruel the children was :")). Saya menemukan saingan sekaligus sahabat saya yang jadi taksir-taksiran cowok-cowok dari kelas I. Saya menemukan cowok pertama yang saya taksir, cowok pertama yg kirim-kiriman surat & ngasih boneka ke saya pffttt.

Look now, mereka terlihat sangat berbeda. Bagaimanapun hidup jelas sudah mendewasakan mereka, dilihat dari fisik saja. Saya memantau dari foto masing2. 9 years passed, teman yang kelopak matanya tremor sekarang pakai seragam kesatuan, entah jadi polisi atau jadi satuan disiplin apa. Teman gendut genit dan bau ikan sekarang jadi kurusan, gantengan, dan fotonya instagrammable (bawa-bawa rokok ha ha), entah apa kabar bau badannya. Sahabat saya yang jadi taksiran cowok2 kini makin cantik, dan sedang menyelesaikan masa studi di kedokteran. Dan terakhir, cowok pertama yang saya taksir dan saya kirimi surat, sekarang berubah gendutan........hahahaha.

9 tahun, rasanya kayak baru kemarin Ibuk nganter saya duduk di kelas I A. Karna mepet jam masuk, waktu itu saya terpaksa dapat bangku paling belakang. Rasa-rasanya ini cikal bakal mata saya bermasalah-_-

9 tahun, like a single eye blink (how cliche). Tiba-tiba umur saya sudah segini.

"Those people around you right now or before, they’ve been pieces of your wonderful life. You’ve got to complete your pictures. Replace your frame from your amazing best friends to another awesome person bringing your puzzle." - Mbak Hana, inihana.com

Jadi, disinilah saya. Menua, meskipun orang bilang umur 21 itu belum jadi apa-apa. Banyak hal indah yang saya lalui, yang semakin kesini semakin saya lupa. Sibuk dengan masa depan, sibuk merencanakan ini itu. Lupa betapa manisnya masa-masa yang dulu saya anggap masa tersulit saya.  Betapa menggebu2 nya saya akan hal-hal yang sama sekali nggak penting. Betapa recehnya guyonan saya, dan betapa humor receh itu sangat saya rindukan.

Saya inget pesen guru saya jaman SMP dulu, "Biar kalian ingat terus dengan apapun yang telah kalian lalui, sempatkan waktu sebelum tidur untuk mengulang apapun yang telah kalian lakukan sepanjang hari. Rekam dalam pikiran kalian." Sepertinya saya harus mulai rutin melakukan ini, sebelum saya semakin menua dan semakin mudah lupa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post!