11.6.13

Selamat pagi

"Pikiran adalah gudang tempat masalah itu diciptakan." Gede Prama dalam Jejak-jejak Makna

Jadi, akhir-akhir ini nyoba ngelepas rasionalitas. Ngetes sensibilitas dan nggak bergantung sama pikiran-pikiran logis yang seringnya nembokin lamunan-lamunan. Trus.... hasilnya malah... terjun bebas. Hehe, sedih banget ya. Berasa ditampar dan dipaksa 'kembali' ke jalan yang benar. Jalan lurus-lurus, fokus, enggak kepengaruh sama perasaan-perasaan labil. Stabil!

Minggu-minggu akhir semester, pikiran butek banget mikirin deadline tugas yang, minjem istilah raditya dika, beraninya keroyokan; nyiapin presentasi; ngebut belajar eas. Ditambah sama pikiran2 abstrak yang nggak mutu. Haduh otak rasanya memar-memar.

Sampe akhirnya, baca kalimat di atas. Pikiran adalah gudang tempat masalah itu diciptakan... ngng jadi intinya; capek, males, sakit, patah, sedih, minder... itu semua "cuman" persoal pikiran. Sugesti. Kalo saya berhenti bisikin otak tentang "saya capek, saya patah, saya minder," sebenernya hidup tetep fine aja kok. Ya itu, cuman soal gimana  kita mandang sesuatu. Jadi... ayo deh mulai belajar nyetir & ngendaliin pikiran. Biar semuanya kerasa fine-fine aja. Hehe.

Setelah pikiran terstimulus dan udah terlatih ngelihat semuanya baik-baik aja, baru deh belajar pasrah dan memaafkan keadaan. Wawawa ya ini.... Masih baru mau belajar sih. Berhasil enggaknya, kita liat aja nanti hehe.

Langkah pertama yang baru saya coba lakuin adalah stop ngomel. Stop merengut. Stop badmood. Jadi, kalo pas mangkel sama orang, alis udah ngerut-ngerut bete, bibir udah melengkung ke bawah, saya nyoba langsung geleng-geleng kepala keras-keras. Biar alis balik lurus normal lagi. Pipi dicubit paksa dari kanan-kiri.  Biar bibir nggak manyun lagi. Haha bodorrr. Tapi gak papa sih, lumayan ngefek kok :'D

Yang kedua, biasanya tiap stres mulai dateng berkunjung, saya langsung kabur. Kaburnya ke kopi! hahaha. Balik lagi ke kebiasaan lama jaman sma :D Sepagian bisa loh sampe ngabisin tiga cangkir kopi item, sampe mules-mules bolak-balik kamar mandi hahaha. Tapi ini cukup berhasil. Begitu nyeruput kopi dikit, rasanya beban pikiran&perasaan keangkat separo. *walay* Lebih rileks lebih tenang gitu. kalo udah gitu biasanya udah bisa pelan-pelan mikir jernih.

Yang ketiga.... ahiya, sekalian mau cerita. Jadi, kemarin itu ceritanya lagi galau. Galau masalah hehehe hati yang norak sekali. Karna sumpek, akhirnya pulang kampus main ke kamar temen di asrama. Numpang solat, cuci muka, maskeran (hahaha!), trus tidur. Abis itu temen-temen yang lain dateng satu-satu. Ngerumpul. Dan obat galau saya ternyata di mereka! Mereka buka-buka foto-foto lama gitu, jaman-jaman pengkaderan. Foto-foto maba yang super cuwupu, bikin nggelegek gak berhenti-berhenti. Pikiran jadi enteng gitu denger orang lain ketawa. Ati jadi bebas semrawut. Temen-temen saya pasti nggak sadar kalo "kegiatan nggak istimewa" mereka malam itu sudah berhasil melepaskan saya dari belenggu kegalauan hahahaha =))
Jadi, kalo lagi sumpek gak jelas, kumpul aja sama temen. Mereka obat paling ampuh ngilangin kusta pikiran! :'D

..... haha, ini curhatan yg gak jelas sekali. Selamat pagi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post!