29.5.10

solu kolu's art exhibition : unforgottable ! :D (part 1)


crew (:


sudah menjadi tradisi kalau di SMAN 16 Surabaya, murid-murid kelas sepuluh dapet tugas mengadakan pameran kesenian. kata Bu Ratri, si bu guru pelajaran seni, pameran kesenian ini sebagai pengisi nilai UAS di raport.

basic-nya, pameran seni itu diadain buat mamerin hasil-hasil karya seni anak sekelas. tapi karya-karyanya nggak cuman sekedar ditaro di mjea terus diliatin orang gitu aja. tiap kelas kudu menentukan tema buat pamerannya dan terus hasil karya seninya dipajang sebagai center of view-nya pengunjung. karya seni yg dipajang adalah kumpulan karya di pelajaran kesenian , yaitu gambar batik yg dicat dg kertas sumbo ; gambar sketsa ; kaos sablonan dan topeng .
pameran ini digelar di GK aka gedung kesenian yg bertempat di pojokan sekolahku . jadi , singkat cerita , kita sekelas disuruh ngerombak tuh gedung jadi sebuah tempat exhibition yg keren .

dua bulan sebelum diumumin kapan giliran pameran seni diadain, kelas tercintah saya, X 8 atau bahasa kerennya adalah solu kolu, udah mengadakan voting untuk nentuin tema yang bakal kita pakai. beda pendapat di sana-sini? jelas ada.

si Pindra ngusulin gini : ‘gimana kalo kita ngasih tema tentang solu kolu sendiri aja? jadi ntar tuh ada bagian ceweknya , ada bagian cowoknya. terus kita kasih artikel-artikel tentang diri kita masing-masing!’

ada lagi , si Azhar—yang biasa dipanggil telek—punya usul : ‘rumah tahanan ae he ! wess aa apik-apik ! engkok aku seng dadi tahanane !’

serta beberapa ide lain . dan setelah divoting, ternyata lebih banyak yg milih rumah tahanan . yg cewek langsung nggerutu : ‘aduh rek , jgn rumah tahanan aa , susah waah ! jerujinya bikin dari apa hayo? mepet reek waktunya!’
intinyaa, menentukan tema pameran kesenian itu sama sulitnya dg nentuin siapa yg lebih cantik, nadine candrawinata atau dian sastro . karna nggak mungkin bisa nyatuin pendapat tiga puluh enam anak sekaligus ke satu pendapat yg sama .

terus, akhirnya , si dendy ketua kelasku yg kayak monyet itu, buka suara . ‘he rek yok opo lek temae awak dewe tentang AREK SD ae ?’
anak-anak riuh .
ada yg lgsg nyahutin, ‘yok opo lek temae arek SMA sisan ae den?’

sementara waktu pameran belum juga dipastikan kapan, Bu Ratri makin mendesak kami. yasudah , akhirnya , meski ada beberapa yg nggak setuju , kita memutuskan pake tema ANAK SD . hahaha

beberapa saat kemudian , ada selebaran yg ditempel di tiap-tiap jendela kelas kelas sepuluh . jadwal pameran kesenian per kelas sekaligus tema masing-masing . yg ketiban sial pertama kali adalah kelasnya si nopi , X 3 yang mengangkat tema ‘crazy hospital’.

dan yg amat memukul telak anak sepuluh delapan adalah , kelas sepuluh satu mempunyai tema yg hampir sama ky tema kita , ANAK TK . omigosh . dan sialnya, jadwal pameran mereka lebih dulu dibanding pameran kita . aduuuh , jadi kayak kayak kita yg tiru-tiru mereka gini ini *murung*

oke gapapa , kita tetep semangat . meski sempet lemes jugak seee pas dateng ke pamerannya sepuluh satu dan ngeliat ide-ide kita ‘dicuri’. wes gapapa rek , semangat . kita berusaha nemuin hal-hal penting yg di pamerannya sepuluh satu nggak ada , dan menjadikannya sebagai jurus andalan kita .

pameranku dilaksanain hari Rabu, 12 Mei 2010 . sempet disayangkan karena hari itu anak kelas sebelas nggak mungkin bisa hadir karena mereka baru pulang dari bali . aslinya sih mau dimajuin jadi tanggal 4 , tepat abisnya sepuluh satu , tapi krn kita masih belum bener-bener siap , jadinya yaaa kita pasrah aja nerima tanggal 12 sebagai angka hoki .

kita mengandalkan made sebagai penanggung jawab proposal (proposal ? iyaaaa , kita juga disuru bikin proposal berisi anggaran dana , denah dekorasi dan lain sebagainya ! sikstin memang hebaaaaat -- )
made ini tipe orang yg ngng … bahasa alusnya sih sangat menghemat pengeluaran . berhubung anak kelas kami adalah anak-anak yg sangat malas kalo disuru membayar sesuatu—masio cuman dikit—made membuat anggaran dana semurah-murahnya . Tiap anak cuman ditarikin iuran lima ribu perak (padahal kelas lain iurannya ada yg sampe tiga puluh lima ribu per anak !) . terus dana pengeluaran dianggarin seminim mungkin . sie dekor cuman dikasih duit dua puluh ribu . god … ckck

dea , anaknya pengusaha styrofoam . okelah kalo begitu , jadinya kita minta bantuan dia buat menyumbangkan styrofoam , biar biaya yg kita keluarin nggak banyak-banyak amat. hampir dua minggu sebelum hari H, kita udah nyicil bikin perlengkapan , kayak styrofoam yg dibentuk meruncing buat dijadiin pager . si iyos , cowok superculun dan superbuegok ngambil salah satu styrofoam yg udah dibentuk menyerupai pagar dan memegangnya tepat diatas kepalanya sambil nyanyi : dibawah batu nisan ini , kan ku sandarkan … hahaha nguakak kabeh dadine :D yoos , yoos , tambah pinter ae kon !
sementara yg lain bikin styrofoam, yg lainnya ada yg bikin burung-burungan dr origami . masing-masing sie rapat . aku , sie dekor , bahkan udah menggelar rapat sebelum jadwal pameran kami ditentukan *rajin mode : on* :p

jumat, 080510 , semuanya mulai dikerahkan . ‘he reeek , abis jumatan jangan ada yg kabur ya reek , mbaliko ke kelas . yg nggak dateng nggak diabsen !’ gitu anceman yg diteriakin novicha ke seisi kelas . siap buuuuu !

yg cowok jumatan (ada yg diskul , ada yg dimesjid luar), yg cewek begin to work . ada yg ngecat styrofoam , ada yg nempel kertas ngilap warna ijo ke rumput-rumputan made from styrofoam dan ada juga yg ngurusin pamflet buat disebar ke kelas-kelas . begitu yg cowok dateng , aku lgsg cabut :D

septu, 090510 , anak-anak pada kumpul lagi . kali ini yg dikerjain lebih banyak (banget) lagi . kita mulai bikin kerangka buat dijadiin gapura bertuliskan ‘SDN SOLU KOLU’ . ada juga yg bikin huruf-huruf dr styrofoam , dan lain sebagainya . disana sini kedenger teriakan : ‘he gunting rek , jupukno gunting!’ ; ‘endi dobeltape-e mauuuu ?’ ; dll . (and now I miss that moment so much )

senin, 100510 , konsentrasi kita ditujukan sepenuhnya ke pameran lusa . nggak mikiran pelajaran sama sekali (itu aku , gatau maneh kalo si made , novicha , adel… :p) . hari itu ada pamerannya sepuluh tujuh , tentang surabaya . kita dateng ke situ sambil mulai menerka-nerka , sudut sebelah sana bakal kita pake jadi ruang kepala sekolah , yg sebelah sana jadi ruang guru , yg tengah jadi lapangan …
kita sempet mohon-mohon ke bu sutilah , guru ekonomi , untuk bersedia mengorbankan jam pelajarannya demi kesuksesan pameran kesenian . alhamdulillah , bu sutil mau *gak percoyo* haha muakuasih bu sutil ! ;D
pulangnya , kita ngumpul di depan GK , sambil nungguin anak sepuluh tujuh ngebersiin barang-barangnya . kita mulai nyari-nyari penjor—bambu. sayangnya , karena ga ngerti mau ngapain , kita cuman menaruh barang-barang yg dibutuhin di GK aja , abis itu pulang .

selasa , 110510 . it’s time to work-hard ! kita janjian ntar bakal pulang jam 8-an (malem of course). aku sebelum berangkat skul udah pamitan ke nyokap kalo bakalan pulang malem . nyampe kelas udah berasa berasa banget hawa-hawa semangat . okeh , mari berjuang reeeek !

kita dikasih kesempatan buat ngerombak GK dr abis istirahat pertama sampe seterusnya . trimakasih sekolah , trimakasih guru-guru ((: *terharu* setelah kimia dua jam dan bahasa inggris , dan bel istirahat berdering , kita langsung beres-beres semua barang dan membawanya ke GK . ready to war .
di sana , kita langsung memulai kesibukan . mulai dari nyeret-nyeret lemari besar penuh piala ke tengah ruangan , natain kursi-kursi dan meja-meja buat bikin suasana kelas , sampe nempelin pamflet ke kelas-kelas (ngedumel dalem hati : pamerannya itu besok , kok pamfletnya baru siap ditempel sekarang seh?) :p

siang hari , aku dapet tugas buat pulang ke rumah . ngambil buku-buku buat ngisi perpustakaan boong-boongan yg ada di GK , cat buat ngecat koran (buat nutupin sketsel alias pembatas ruang) , sama beli dobletape+lem kertas . siap buuuu . dibonceng pindra pake motornya novianti , kami melancong .
rute awal , sekolah ke rumahku . ngambil dua kaleng cat , setas penuh buku anak-anak sama minum bentar . abis itu langsung cabut ke minimarket deket rumah buat beli dobeltape sama lem . begitu dapet , dan kita udah didepan mulut perumahan sidosermo indah—sebrangnya sekolahku pas—ada sms masuk dr tante .
he cepetan c*k , ojok mblakrak ae ! dienteni wong akeh iki, arek” wes ngamuk” !
ckck , cek gak sabarane seh arek-arek iki !

menjelang sore , sekitar jam setengah tiga-an , aku ditanyain irvan . ‘ten , kamu ta yg bagian bawa kursi gede buat ruang kepsek e ?’
aku njawap enteng . ‘iyo , nebeng mobil e arik . yo rik yo ?’
‘halaaah , kene tak ambile pake motor . kesuen wah nggawe mobil !’

huahaha jadilah aku pulang lagi ke rumah sama tante . irvan plus udin ngebuntut dibelakang . sempet aku sama tante bertanya-tanya , gimana caranya bawa kursi gede yg dipake direktur-direktur itu dg motor ?? ckck
pas nyampe dirumah , tak serahkan tuh kursi ke irvan . ‘bisa taaa kamu bawa kursi sgini gedene pake motor ? yaapa carae ?’ . irvan cuman ngliat tuh kursi sambil bilang : ‘halah cuman gini tok ae lho ten .’

hahahaha . saya ngakak terbahak-bahak sodara-sodaraaa pas ngeliat si irvan dg gaya mengangkat tuh kursi dan menaruhnya di ubun-ubun kepalanya . gahahahaha .
sampe diketawain orang-orang dijalan pek . hahaha . begoknya , disekitar rumahku itu ada banyak polisi tidur . nah , si udin yg ngebonceng irvan , nggak pernah ngerem setiap ngelintasin polisi tidur itu tadi . jadinya ketawa saya sama tante makin kenceng begitu denger irvan meso-meso :D
ditengah jalan , dua orang itu berhenti . irvan—ber aduh-aduh—nurunin kursi itu dr kepalanya . dibantu seorang warga yg lewat , dia mangku tuh kursi dipaha kirinya . hahaha .

masalah kursi beres . hari makin sore . semua orang makin sibuk . ada yg triak-triak butuh something , ada yang curhat bilang laper . aku ke musola sekolah untuk menunaikan solat ashar bareng pindra .

pas mbalek , aku ngeliat si fitri masang kaos—salah satu jenis hasil karya seni kita—dengan tali rafia . aduuh mbak , gak efektif bgt ! ‘lho fit , knapa gak pake kastok aja ?’ werr . akhirnya , setelah berdiskusi sm si novicha , aku kembali lagi ke rumah untuk ngambil kastok/hanger .

a new problem . si iyos kebagian peran sbagai satpam . naaaaah kita udah bikin janji sm pak nasaruddin , satpam sekolah tercintah , buat minjem bajunya . pak nya juga setuju mau ngasih tuh baju hari selasa pas kita ngerombak gk itu .
begoknya , pas aku sm pindra (nangndi-nangndi kok karo dee teros yo sawangane ? --" haha) dateng dr rumahku , si iyos bilang : aku mau ndelok pak satpam e moleh .
pindra : hah ? kok moleh ? kan dee janjine ngasihno klambie saiki !
aku : leh , yaapa seh kok gak mbok cegat seh yos ?? trus kostumu gimana ? *esmosi*
iyos : *meringis* hehehe yo gak ero .
aku : minta tolong singo aja , suruh ngambil baju satpamnya dirumahe pak itu !

setelah berbincang bincang sm singo bentar dan dia setuju , kita nelpon bapaknya (percaya gak seeeeeh kalo aku punya nomor itu satpam ? hahaha)
singo : halo , ini pak nasaruddin ya ?
paknya : ..... (gak ngerti ngomong apa , gak krungu aku hahaha)
singo : ini sepuluh delapan pak , kita mau ngambil bajunya ke rumah bapak . rumah bapak dimana ya ?
paknya : .....
singo : deketnya sma 4 ?
aku : tanyao alamat jelase ae ngooo !
singo : alamatnya dimana ya pak ?
paknya .....
singo : iya , belok kiri , trus didepannya blablabla
aku : aduh , tanyao alamate aee
singo : *ngomong nang aku* wonge lho dijaluki alamate gak dijawap !
sapa-gitu : suruhen ketemu di sma 4 ae !
singo : pak kalo misale kita ketemu di sma 4 ae gimana ?
paknya : .....
singo : oh iya pak , iya .


akhirnya , singkat kata , singo dan beberapa anak lain datengin bapak satpamnya . rumahnya jauh , di daerah tengah kota mbelani kostume yos iki ! haha . (padahal yos e cumak meneng tok , gak melu ngambil ke rumah e itu satpam , gak melu ngomong nang pak e . cumak bagian nggawe tok men ! hahaha)


magrip-magrip men . merinding disko , soalnya sekeliling GK gelap buanget . apalagi GK terletak di tempat paling pojok . dan katanya seh paling angker . berangkat ke musola buat solat magrip bareng-bareng adel , umanah , ary , fitri , ilma sama novicha . suasananya bikin gimanaaaa gitu . padahal masih magrip men . kita pulang jam delapan , masih lama .

lha kok begitu selesai solat dan kembali ke GK , anak-anak udah pada bawa tas semua . siap-siap pulang . dendy triak ‘he cepetan ambil barang kalian ! pulang rek !’
wot?

aku cepet-cepet ambil tas dan sepatuku . kesusu-kesusu . terus ada yg nyeletuk : ‘novianti karo pindra endi ? jare tuku gorengan ? kok gak mbalek-mbalek ?’
beberapa yg nyautin bilang : ‘wees , tinggal ae rek , gowokno barang-barange , awakdewe ngumpul nang buk min saiki, dee kongkonen nyusul !’ buk min itu warung makan tempat tongkrongannya anak sikstin .
yg lain nyautin : ‘he , gendeng kon ! ngunu aa konco iku ? seng setia kawan aa !’

akhirnya kita nungguin dua orang itu sambil beres-beresin barang-barang mereka . di teras depan GK , terciptalah gerombolan manusia yg ruibut dan ngerameni . ada yg triak-triak kebingungan mau pulang gak dapet tebengan , ada yg triak-triak meso-meso dikageti anak , ada yg nggerundel gara-gara novianti sm pindra gak dateng-dateng ...

dan ditengah-tengah itu semua , hawanya udah kerasa gak enak banget . ky ada something yg jelek bgt . gita ngeliatin aku smbil bilang ‘jgn ikut triak-triak ya ten. jangan.’ yasudah aku menurut .
lha kok tiba-tiba si gita nggenggem tanganku dg muka pucet dan mata berkaca-kaca . ‘ayo rek , pulaaang . rek ayo pulaaang.’

suasana udah genting banget . farrah yg bawa mobil akhirnya jalan duluan ditemenin singo . dendy ngebuntut pake motornya . gak lama kemudian , novianti dateng sama pindra . mereka triak ‘tungguin reeeek’
singkat kata , semua langsung meloncat ke boncengan masing-masing . aku dibonceng gita yg makin pucet .
tiba-tiba dendy dateng . ‘rek , mobilnya farrah keperosok lumpur . yg cowok , tolongin ke depan !’ tambah heboh suasananya . dendy ngajak angga dan deva buat ngunci semua pintu GK . yos dan beberapa cowok lain , nuntun motor CBR-nya singo sampe ke gerbang .

suddenly … BRAK ! semuanya noleh ke gedung GK . pintunya udah kekunci , tp dr ventilasi jendela diatas pintu kita bisa liat kalo… omigosh , gapura selamat datang yg dibikin susah-susah ambruk !
antonius ta siapaa gitu lgsg bilang ‘udah rek udah , ayo pulang. kita udah disuruh pulang ini sm yg nunggu….’



......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post!