12.3.10

sahabat itu ....

apa benar persahabatan itu benar” ada? dulu mungkin aku dengan mantap menjawab : tentu saja ada. dulu mungkin aku nggak bakal sempat meragukannya. karna bagiku saat itu aku sudah mendapatkannya: persahabatan yg luar biasa manis. yg takkan pernah kulupakan dan nantinya akan kuceritakan pada anak-anak turunku.

tapi hidup itu nggak sempurna. terkadang hidup melambungkanmu tinggi hingga rasanya kamu bgitu bahagia, namun terkadang pula hidup akan menghempaskanmu ke tanah keras-keras, membiarkanmu dengan mulus mencium kepahitan dan rasa sakit.

persahabatan itu apa sih? mungkin persahabatan itu dimana kamu dan seseorang yg kamu sayangi akan bertukar cerita bahagia, tertawa bersama dan kalian berbagi hari” yang indah…

atau mungkin… persahabatan itu dimana kamu mau menerima keadaan yg sm skali tidak mnguntungkan dan kamu masih tetap menyayangi orang itu. dimana kamu mengulurkan tanganmu dan menariknya bangun saat dia jatuh. dimana kamu mau menerima dia dengan berbagai kesalahan” dan masalah”nya tak berujung yg mau tak mau ikut merasuki pikiranmu.

persahabatan itu… apakah memang slalu indah seperti yg diharapkan semua orang— termasuk aku, seorang remaja berusia lima belas tahun? apakah memang slalu membuatmu tersenyum bahagia? apakah memang slalu membuat hidupmu lebih hidup?

atau mungkin… persahabatan itu… dimana kamu masih menyayanginya sebagai seorang manusia biasa yg seringkali membuatmu tersedak karena kenyataan” yg sulit kau terima? dimana dia sering membuatmu merasa hidup tak slalu indah. bahwa hidup itu hanyalah sebuah kata tak berarti bila kamu menuntut persahabatan yg paling sempurna.

karna sempurna itu tak ada.

masihkah kamu mau menerima nya sebagai seorang sahabat setelah dia membuka rahasia terdalamnya yang membuatmu jatuh dan merasa tak berarti? masihkah kamu mau menerimanya sebagai seorang sahabat setelah dia membuatmu terpojokkan hingga diam tanpa kata? masihkah kamu mau menerima kata maafnya setelah dia membelah dua hatimu?

mungkin sebagian dr kaliam menjawab ya, dan mungkin sebagian lagi akan menjawab… tidak.

lalu sebenarnya persahabatan itu apa sih? Aku rasa… semakin bertambah usiaku, semakin rumit kata itu dijabarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post!